Saturday, November 19, 2011

Dasar-dasar Keamanan Komputer

Kriptografi

Berasal dari bahasa Yunani. Kripto berarti secret (rahasia)

Dan graphia berarti writing(tulisan). Menurut terminologi kriptographi adalah limu dan seni untuk menjaga keamananpesan ketika pesan dikirim dari suatu temopat ke tempat yang lain.

Dalam perkembangannnya kriptographi juga digunakan untuk mengidentifikasi pengiriman pesan dengan tanda tangan digital dan keasklian pesan dengan sidik jari digital (fingerprint).

Sejarah Kriptografi

    * Kriptographi sudah digunakan 400 tahun yang lalu den diperkenalkan oleh orang-orang Mesir untuk mengirim pesan ke pasukan militer yang berada di lapangan. Dengan demikian pesan tersebut tidak bisa terbaca oelh pihak musuh walaupun kuriri pembawa pesan tertangkap oleh musuh.
    * Pada zaman Yunani kuno Julius Caesar mengirim pesan (plaintext) kepada seorang Jenderal di medan perang juga menggunaknn kriptographi.Pesan yang diacak disebut encryption dan pesan acak yang sudah dirapikan oleh penerimanya disebut decryption.
    * Pada perang dunia kedua Jerman menggunakan enigma yang disebut juga mesin rotor yang digunakan Hitler untuk mengirim pesan kepada tentaranya.
    * Enigma yang digunakan Jerman bisa mengenkripsi satu pesan sehingga 15 milyar kemugkinan untuk dapat didekripsikan satu pesan.


download: ppt

0 comments:

Post a Comment

tanks for leave your comment...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management